Jumat, 20 November 2020

Throttle Body

 "Bro.. Throttle Bodynya rusak ini, minta diganti"

sebuah advice yang bikin nyesek. Kebayang kan bro harga Throttle Body belum lagi ditambah ongkos pasang. Raba dompet sambil elus dada uhuk... uhuk...

Apa kabar bro, gak kerasa bertahun sudah berlalu. Semoga kita sehat semua, tetep sabar hidup dimasa pandemi. Dan tetap bisa berpikir positif dan berkarya positif. Oke lanjut lagi bro.....

Memangnya apa sih thottle body?
Throttle body bukanlah komponen yang rumit bro. Boleh dibilang bentuknya cuma kayak keran. Fungsinya mengatur debit udara yang masuk ke ruang bakar, cuma gitu doang.

Berbeda sama karburator yang lebih rumit. Karena pengabutan bahan bakar terjadi di karburator. Maka selain mengatur debit udara, Karburator juga mengatur debit bahan bakar.

Cuma keran udara kok bisa rusak?
Kemungkinan throttle body rusak sangat kecil sekali. Yang mungkin terjadi adalah bosh pin katup aus jadi bocor. Sementara kerusakan terbentuknya got di saluran Throttle body yang disebabkan throttle valve, Ini adalah kesalahan setting/setel stopper. Stopper throttle valve ini tidak boleh di adjust oleh pabrikan. Stopper ini gak boleh di adjust karena ya itu tadi rawan salah setelnya. Throttle valve kandas ke throttle body, Lama-kelamaan terbentuk got dan bikin bocor.

Selain Throttle valve ada komponen lain pendukung throttle body. Semisal throttle position sensor sebagai pembaca posisi bukaan gas. Fast idle sebagai pengatur rpm saat mesin masih dingin. MAP sensor sebagai pembaca beban kendaraan dan IACV sebagai pengatur rpm idle.

Komponen pendukung ini yang kemungkinan rusaknya lebih besar. Throttle position sensor sering bergeser atau digeser sehingga perlu dikalibrasi. Fast idle yang kadang berkarat saluran airnya. IACV yang sering kotor dan tersumbat. 

Dibengkel resmi komponen pendukung ini terutama Throttle Position Sensor dijual satu kesatuan dengan throttle body. Sehingga kalau rusak mesti diganti utuh karena dikalibrasi terlebih dulu di pabriknya. 

Namun dibengkel umum biasanya ada solusi lebih ekonomis dengan mengganti komponen yang rusak saja dan dikalibrasi ulang oleh mekanik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar