Kamis, 10 Maret 2011

metode perancangan

METODE PERANCANGAN
            Metode perancangan merupakan tiap-tiap prosedur, teknik, dan alat bantu tertentu yang mempresentasikan sejumlah aktivitas tertentu yang digunakan oleh perancang dalam proses perancagan keseluruhan.
            Ada banyak metode baru yang dikembangkan untuk membantu mempermudah masalah perancangan modern. Jones mengatakan dalam buku Design Methods ada 35 metode, yang menyangkut dibawah ini:




Beberapa metode, resmi dari prosedur konvensional seperti pencarian literatur, beberapa adalah aplikasi dari pengembangan pertama metode di tempat lain seperti brainstorming, dan beberapa diantaranya adalah metode baru seperti metode Alexander.
Dari seluruh metode diatas, dua prinsip terbaru muncul. Pertama adalah metode perancangan tersusun menegikuti prosedur perancangan tertentu, dan yang satu lagi adalah metode perancangan dengan konsep perancangan keluar. Penyusunan merupakan sebuah metode terbaru dimasa yang akan dari metode perancangan karena mereka berusaha untuk menghindari terjadinya kekeliruan, dari masalah yang tidak terpantau pada masalah perancangan, dari jenis kesalahan yang terjadi dengan meted yang tidak tersusun. Proses penyusunan sebuah prosedur juga tergantung pada luas cakupan yang digunakan dalam sebuah perancangan dan untuk memperluas pencarian solusi yang tepat.
Metode ini juga berhubungan dengan aspek umum lain dari masalah perancangan, bahwa mereka berpikir tentang perancangan lingkungan luar, seperti mereka menggunakan diagram dan peta untuk mendeskripsikan apa yang ada diluar kepalamu. Lingkungan luar ini adalah sebuah peralatan tambahan yang sangat penting  ketika pengambilan keputusan masalah yang kompleks, tapi juga merupakan sebuah kebutuhan yang penting bagi regu kerja.

1 komentar: