Jumat, 06 Desember 2013

Mercedes G Class

Mercedes G Class merupakan generasi mobil paling kekar di keluaran mercedes. pasalnya desain eksterior mobil ini tetap mempertahankan desain awalnya. Namun sudah mengusung mesin yang modern. Mobil ini banyak dipakai oleh paspampres, untuk di medan ada beberapa unit salah satunya milik salah seorang pemuka di medan. Mobil ini jarang mengalami kendala, Mobil ini hanya masuk ke workshop untuk servis rutin. berikut eksterior G Class.
Mobil classic ini juga punya penggemar nya sendiri dengan desain yang unik dan berbeda dari type mercedes lainnya. berikut ini adalah mesin baru yang sekarang disusung oleh Mercedes Benz G Class.


Mercedes Benz E320

Mercedes Benz E320 adalah mobil yang lumayan lawas, namun eksteriornya masih menunjukkan kemewahan yang tak lekang oleh waktu. Meski begitu jika kita melongok ke dalam kabin akan terasa, desain dashboard yang kaku dan terkesan tua. Saya begitu ingat dengan mobil ini, karena mobil inilah yang membuat saya bersama mekanik lainnya harus lembur.
Mobil ini masuk dengan worksheet untuk overhaul. Begitu tahap perakitan mesin dan uji coba, timbul suara berisik di bagian cylinder head. Para senior mekanik bingung trouble shootingnya, akhirnya mesin di bongkar lagi, skir klep ulang lagi, kemudian di skrap karena ada indikasi head bocor. Tugas saya ya itu, bagian skir klep, manual. sampe pedes tangan. Setelah beberapa kali bongkar pasang akhirnya masalahnya ketemu, yaitu, paking cylinder head nya tidak compatble, ada lubang oli yang tidak ada pada paking yang dipakai, akhirnya dicari paking yang khusus untuk mesin E320. dan akhirnya beres.
Mesin E320 ini juga dipakai pada mobil Sang Yong builtup, entah mobil apa ini. bentuknya aneh tapi engine nya mercedes. Untuk melengkapi penampakan E320 berikut 

Marcedes Benz S600

Pengalaman Prktek Kerja Lapangan (PKL) di sebuah workshop BuildUp sewaktu sekolah SMK otomotif begitu campur aduk. Gimana ga campur aduk, saya dari kampung, sekolah di kota kecil dan PKL di Kota Medan. Begitu hari pertama yang saya rasain PKL di Workshop itu capek berdiri seharian, dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore, karna kerjanya memang seluruhnya dilakukan dalam posisi kerja berdiri. Eits.... tapi bukan itu yang menjadi inti dari tulisan ini, tapi tentang Marcedes Benz S600. kenapa saya mulai dari mobil ini? karena mobil ini adalah mobil sedan dengan mesin paling gambot yang pernah saya tau.
Mobil ini dibekali mesin V12 dengan 5.500 cc. begitu buka kap mesin terkejut, puenuh mesin semua bro. Mobil sedan mewah dengan body yang super besar ini memiliki 12 silinder dengan koonvigurasi V. Setiap silinder memiliki 2 busi, jadi total ada 24 busi. dah bayangin aja kalau servis itu. mesti bukain 24 busi bosen. Mobil ini juga dilengkapi dengan Twin Trubo yang membuat mobil ini mampu mengeluarkan tenaga yang sangat besar.
Mobil ini di lengkapi dengan perangkat canggih seperti mobil Marcedes pada umumnya. Kenyamanan mobil ini juga begitu high class, dengan suspensi adjustable nya. sehingga ketinggian, rebound dll nya bisa diatur sesuai karakter yang diinginkan.
Satu hal yang bikin saya bingung, drivernya dibekali sepucuk senjata api bro.... serem.